Warna Urinemu Mendeteksi Kondisi Kesehatanmu, Coba Dicheck Ya!

Manusia, memiliki 2 penghasil jenis kotoran yaitu feses dan urin. Urin, merupakan aliran sisa yang dieskresikan ginjal dan dikeluarkan setiap hari. Biasanya, setiap manusia memiliki warna urin yang berbeda-beda tergantung bagaimana kondisi kesehatannya. itulah mengapa, saat kita sakit dan berobat ke dokter, dokter seringkali meminta pasein melakukan tes urine untuk mengetahui keadaan dalam tubuh.

Nah kesimpulannya, saat kita buang air kecil, sebenarnya kita memiliki kesempatan untuk mempelajari tentang tubuh kita. Berikut merupakan macam-macam warna urine yang dapat kiranya perlu kita ketahui;

  1. Kuning pucat seperti madu

Semakin kamu banyak minum, maka urine akan semakin bewarna bening dan semakin kamu kurang minum maka urine akan bewarna gelap. Dan kondisi kuning pucat adalah kondisi normal di mana tubuhmu terhidrasi dengan baik dan cukup cairan.

  1. Jernih/bening/transparan

Bila kamu memiliki urin bewarna ini, tandanya tubuhmu sudah terhidrasi dengan baik. Namun, dalam banyak kasus juga, warna ini menandakan kamu banyak minum. Meski tidak memiliki masalah serius, namun yang berlebihan juga tidak baik, termasuk kelebihan dalam minum air putih. Idealnya, 8 gelas/hari sudah cukup.

  1. Sangat bening atau sama sekali tidak bewarna

Memang terlihat berbeda tipis ciri urine point nomor 2 dan nomor 3, namun point nomor 3 ini menandakan bahwa seseorang yang memiliki urine sangat bening dan disertai dengan sering buang air kecil dan merasa haus secara terus menerus maka memiliki pertanda bahwa tubuh memiliki penyakit diabetes. Untuk itu, agar bisa lebih dipastikan keakuratannya, segera periksa ke doktter.

  1. Kecoklatan

Apabila Sahabat Hawa ada yang memiliki urine berwarna coklat atau coklat tua, ini pertanda bahwa tubuh mengalami masalah yang cukup serius yang terjadi pada hati. Normalnya, garam empedu dibuang melalui feses, namun karena hati tidak bekerja dengan baik, garam tersebut ikut larut ke dalam urine. Inilah yang menyebabkan air urine bewarna kecoklatan. Adapun penyakit yang ditandai dengan urine ini adalah Hepatitis dan Liver.

  1. Oranye

Umumnya, urine yang menghasilkan warna oranye disebabkan karena tubuh mengkonsumsi obat-obat tertentu seperti obat kemoterapi pada penderita kanker. Sedangkan kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan warna urine menjadi oranye adalah gangguan pada hati dan saluran empedu yang disertai dengan fases bewarna pucat.

  1. Merah atau kemerahan

Sahabat Hawa ada yang pernah memiliki urine bewarna merah atau kemerahan? Urine yang bewarna ini bisa disebabkan karena dua hal. Pertama, dari zat-zat makanan yang kita konsumsi, seperti buah bit, buah berry, pewarna makanan, obat, vitamin B kompleks dan lainnya, memang memiliki efek bewarna merah yang dikelkuarkan melalui urine. Jadi, bagi Sahabat Hawa yang sebelumnya mengkonsumsi makanan di atas, tidak perlu khwatir.

Yang kedua, dari darah. Nah, inilah yang berbahaya dan sangat serius dan wajib dipriksakan ke dokter untuk mendeteksi penyakitnya. Adapun penyakitnya, bisa berupa kanker, batu ginjal, batu saluran kemih, prostat dan lain-lain.

  1. Biru atau ungu

Bayangkan Sahabat Hawa, ketika kamu buang air kecil, lalu urine-mu bewarna biru, waw! Mengejutkan bukan? Memang, kondisi ini merupakan hal yang jarang terjadi. Pemilik urine yang bewarna biru memiliki penyakit porphyria yang merupakan suatu kelainan pada proses bosintesis heme yang mengakibatkan komplikasi neurologis atau masalah kulit.

  1. Hijau

Sama seperti urine bewarna biru, urine bewarna hijau juga mengejutkan. Urine bewarna hijau berasal dari zat pewarna obat-obatan atau makanan yang cukup kuat dan tidak bisa diserap oleh usus. Meskipun biasa, urine bewarna hijau juga merupakan salah satu ciri pengidap penyakit saluran kemih atau tubuh terserang jamur. Lebih baik, ya periksa saja ke dokter!

  1. Susu

Urine bewarna susu menandakan adanya darah mikrokopis yang dapat disebabkan karena infeksi kandung kemih, infeksi saluran dan batu ginjal. Atau indikasi lainnya dapat berupa penyakit seksual yang menular seperti gonore. Berbahaya sekali ya.. jadi baiknya segera diperiksakan ke dokter ya!

 

Ada baiknya, kita selalu mengecek perubahan warna urine kita, gejala dan berapa lama perubahan warna urin terjadi. Minumlah air putih 8 gelas setiap hari dan jangan ditunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

Semoga Bermanfaat

 

Pras
Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *