TIPS MERAWAT PAKAIAN TAHAN LAMA SESUAI JENIS BAHAN

Sahabat Hawa pastinya kamu pernah merasa memiliki pakaian belum beli lama, namun kualitas pakaiannya sudah tak semenarik waktu dibeli. Padahal baru beberapa kali juga memakainya. Hmmm.. ada yang pernah dilemma seperti ini? Kalau iya, kita sama ya.. apalagi kalau pakaiannya itu pakaian yang nyaman dan kesukaan, bete kan rasanya kalau mudah rusak? Nah, bisa jadi, kita yang salah dalam merawatnya, karna setiap pakaian memiliki bahan yang berbeda-beda perawatannya.

Bagaimana caranya? Yuk, baca artikel selengkapnya ya.. semoga bermanfaat

  1. Bahan wool dan cashmere

Bahan yang tebal dan memberikan efek hangat ini memang terlihat mudah dalam pencuciannya, Sahabat Hawa. Padahal gak gitu ya, salah-salah mencuci warna pakaian akan cepat pudar dan serat akan mudah keluar. Cara terbaik untuk mencuci bahan ini adalah dengan menggunakan deterjen khusus kemudian tidak menggantungnya. Melainkan dijemur di tempat yang datar. Setelah kering, lipat rapih deh kemudian disusun di rak ya..

  1. Bahan katun

Ini bahan yang paling banyak digemari dan dipakai. Apalagi buat gamis ya, Sahabat Hawa. Karna bahannya ringan dan adem. Namun seperti yang kita tau, bahan ini memang memiliki warna yang mudah pudar. Untuk itu, saat mencucinya lebih baik menggunakan air dingin dan tidak menjemurnya di tempat yang panas yaaa, lebih baik di tempat yang teduh namun masih terekspos matahari.

  1. Bahan Chiffon

Bahan terfavorite yang biasa digunakan para designer untuk membuat baju-baju pesta dan tentunya banyak juga gamis yang dibuat mengunakan bahan ini. efek yang diberikan bahan ini ya seperti Sahabat Hawa tau, akan terlihat anggun. Karena saat kita menggerakkan anggota tubuh, pakaian yang kita kenakan akan ikut bergerak. Namun kelemahan dari bahan ini adalah, pakaian akan mudah menyusut. Untuk itu, saat mencuci sebaiknya tidak terlalu keras saat memerasnya ya..

  1. Bahan Nylon

Cari bahan yang ringan tapi kuat ya nylon jawabannya, Sahabat Hawa. Bahannya tak mudah pudar namun mudah sekali menyerap warna lain. Untuk itu, saat pencucian sebaiknya dipisahkan dengan warna lainnya ya, Sahabat Hawa agar tidak mudah kelunturan.

  1. Bahan Denim

Sahabat Hawa, siapa yang punya bahan denim? Mungkin hampir semua dari kita memiliki bahan ini, bahan yang netral dan mudah dipadupadankan dengan outfit lainnya. Tapi, kamu sendiri tau tidak Sahabat Hawa cara pencucian yang benar? untuk mencuci denim sebaiknya perdua kali pemakaian agar tidak mudah luntur. Dan saat menyetrika lebih baik pakaiannya dibalik ya.. di sisi yang satunya.

 

Ada lagi, Sahabat Hawa? Yuk boleh ditambahkan. Semoga bermanfaat..

 

Pras
Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.