Tips: Begini Caranya Packing Agar Pakaianmu Tidak Mudah Kusut Saat Berpergian

Assalamu’alaykum Warrahmatullahi Wabarakatuh…

Ketemu lagi di artikel mingguan Gerai Hawa. Kali ini Gerai Hawa mau kasih tips nih buat Sahabat Hawa yang suka berpergian jauh menggunakan koper. Baik itu haji/umrah, travelling atau mudik tahunan.

Hmm.. pastinya, sebelum memulai perjalanan kita disibukkan dengan aktifitas packing. Di sini sih biasanya yang dilema ya, karna biasanya outfit yang kita bawa setelah dikeluarkan dari dalam koper akan tampak lecek atau kusut. Lalu, gimana ya caranya supaya tetap rapih tanpa harus repot pinjam/bawa setrikaan?

Begini nih, caranya.. ikuti artikel selengkapnya ya.. semoga bermanfaat 🙂

  1. Setrika pakaian dengan teknik yang benar

Sebelum pakaian dipacking, penting sekali agar disetrika terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar pakaian lebih rapih di koper dan lebih ‘kempes’ sehingga tidak memerlukan banyak space. Namun pada saat menyetrika, pakaian wajib disemprot dulu dengan air/pewangi terutama di bagian lengan, kerah dan pergelangan tangan. Kencangkan semua kancing dan setrika bagian depan dan belakang dengan panas yang merata.

  1. Melipat pakaian dengan teknik khusus

Setelah disetrika, pakaian akan dilipat sebelum dimasukan ke koper. Namun, cara melipatnya tidaklah sama dengan pakaian yang disimpan di dalam lemari. Melainkan digulung. Dengan teknik menggulung ini, koper akan muat lebih banyak. Sahabat Hawa bisa searching ya di youtube bagaimana tutorialnya. Berguna sekali loh untuk dipelajari, terutama bila kita membawa pakaian berbahan jeans dan denim.

  1. Urutkan pakaian dengan benar

Sahabat Hawa, ternyata cara menaruh pakaian dalam koperpun ada trik khusus. Bila pakaianmu tidak digulung melaiankan dilipat biasa, taruhlah pakaian yang paling kusut diurutan yang paling bawah, lalu dilanjutkan dengan yang pakaian yang mudah kucel sampai bagian atas ditaruh pakaian yang lebih berat seperti sweater, jaket atau jeans.

  1. Gunakan plastik

Ini juga menjadi salah satu trik yang patut bangeeeet dicoba! Kenapa? Karna pakaian mudah kusut karena adanya gesekan atau benda dan pakaian-pakaian lain. Nah, dengan plastik ini pakaianmu lebih terlindungi dan pakaian akan tetap rapih dan segar.

  1. Coba cara baru pakai packing folder

Hmmm.. Sahabat Hawa mau cara yang lebih modern? Coba gunakan packing. Ini dipastikan aman banget, karena pakaianmu jelas terlindungi dan cover-nya cukup tebal dan oke. Sahabat Hawa bisa cari dan beli di beragam e-commerce yaaa..

  1. Pilih koper yang berbahan keras

Untuk yang satu ini, memang agak mahal sih ya, Sahabat Hawa hehehe. Tapi jelas, kalau pakai koper berbahan keras, pakaian lebih safety karena sudah dilindungi dari luar. Tapi jelaslah, koper yang bahannya keras jauh lebih mahal daripada yang berbahan kain.

Begitulah 6 tips dari kami seputar packing pakaian untuk koper agar tak mudah kusut. Selain yang disebutkan di atas, kalau dari sisi bahan pakaian, bila Sahabat Hawa membawa pakaian berbahan polyester, nilon atau lycra, tidak usah terlalu khawatir akan kusut. Karna bahan-bahan tersebut memang ‘anti kusut’.

Namun, jika pakaian Sahabat Hawa berbahan dasar selain yang disebutkan di atas, wajib banget untuk tips di artikel ini ya.

Semoga membantu dan bermanfaat 🙂

Pras
Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.