Tamu Bulanan Datang, Ayo Perhatikan!

“Jangan ganggu aku, aku lagi badmood”

“Lagi males bercanda, jangan berisik”

“Ya Allah… sakit banget!”

Sahabat Hawa, pernahkah kamu mendengar kata-kata tersebut dari temanmu? Lalu, jika respon temanmu tidak mengenakan, apa yang pertama kali kamu fikirkan atau ucapkan? “Hmm.. kamu lagi ‘dapet’ ya?”

Situasi di atas merupakan kondisi yang normal dan mungkin hampir semua wanita pernah mengalami hal tersebut. Memang, setiap wanita berbeda-beda apa yang dirasakannya ketika datang bulan, namun pada umumnya, saat haid tiba wanita akan memiliki perasaan yang jauh lebih sensitif. Seperti; sedih, kesal, bosan, cepat marah, mudah menangis memang sudah jadi ‘makanan’ wanita tiap bulan ya, Sahabat Hawa hehehe.

Yuk, hendaklah kita sebagai seorang wanita lebih dekat dan lebih mengenal tamu setia ini.

Siklus Menstruasi

Dikutip dari Hallo Dokter, hormon estrogen dalam tubuh wanita akan meningkat pada tiap siklus menstruasi untuk bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya kehamilan. Masa ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium akan terjadi dan dinding rahim akan menebal. Apabila  tidak dibuahi, sel telur akan diserap tubuh dan dinding rahim yang sudah menebal akan luruh, kemudian mengalir keluar dari tubuh bercampur dengan darah. Proses keluarnya darah dari vagina inilah yang disebut haid atau datang bulan.

 

Gejala-Gejala Pada Siklus Menstruasi

Perubahan yang terjadi bisa mempengaruhi fisik dan hormon ya, Sahabat Hawa, jika kamu mengalami satu atau keduanya tak usah cemas, karena ini normal ya..

Perubahan fisik: lelah, sakit kepala, perut kembung, kenaikan berat badan, diare, jerawat, nyeri otot dan sendi.

Perubahan emosi: insomnia, sulit konsentrasi, uring-uringan, mudah menangis, suasana hati tidak stabil, kecemasan berlebih.

Menstruasi adalah siklus alami yang terjadi pada tubuh wanita. Munculnya, berbeda-beda namun kebanyakan pada setiap 1 bulan sekali dengan jangka waktu yang berbeda-beda juga lamanya. Pada saat menstruasi, wanita mengeluarkan darah kotor sebanyak 30-70 mililiter jadi jangan heran apabila tubuhmu akan terasa lemas ya… nikmatin aja rasanya anugerah menjadi wanita ya, Maa syaa Allah…

Nah, biasanya saat menstruasi tak jarang wanita mengalami sakit atau kram perut yang mengganggu aktifitas kita sehari-hari, nah apabila Sahabat Hawa mengalami hal tersebut, cobalah lakukan:

  1. Menghindari minuman yang mengandung kafein
  2. Menghangatkan perut dengan mengompresnya dengan air hangat
  3. Memijat perut bagian bawah
  4. Meminum obat pereda sakit

Tips: Agar tetap happy saat PMS hingga menstruasi!

  1. Buatlah jurnal atau diary, catat waktu dan apa saja gejala yang muncul pada dirimu. Di bulan berikutnya, kamu akan lebih siap menghadapinya dan tau bagaimana cara mengantisipasinya.
  2. Makanlah makanan yang mengandung banyak serat
  3. Konsumsi suuplemen yang mengandung vitamin B dan C terutama bagi kamu yang sedang mengkonsumsi obat diuretik.
  4. Kurangi makan garam, karena garam dapat menyerap air yang dapat meningkatkan terjadinya pembengkakan pada tubuh.
  5. Minumlah minuman untuk kesehatan wanita seperti kunyit asam, beras kencur, dsb.
  6. Istirahatlah yang cukup untuk menghindari kelelahan.

Tetap semangat ya, untuk Sahabat Hawa yang sedang haid,

Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

 

Pras
Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *