Tak Cuma di Indonesia Saja yang Ramai Saat Idul Adha. Yuk Intip Keseruan Di Negara Lainnya

Selamat Hari Raya Idul Adha 1439H, Sahabat Hawa!!! Maa Syaa Allah.. bahagia sekali rasanya hari ini ya.. karena Idul Adha memberikan hikmah yang luar biasa untuk bisa saling berbagi kepada yang lebih membutuhkan. Semoga Sahabat Hawa yang berkurban Allah terima amalnya. Aamiin Allahumma Aamiin.

BTW, seperti biasa dong, keseruan Idul Adha gak lengkap rasanya tanpa bakar-bakaran hehehe. Mungkin memang sudah menjadi tradisi ya di Negara kita, setelah penyembelihan hewan qurban dan daging dibagikan, kita ramai-ramai untuk ‘nyate bersama’. Berkumpul bersama keluarga dan berbaur dengan tetangga. Ah.. seru dan ramai yaaa!!!

Tapi tau gak, Sahabat Hawa? Gak Cuma di Indonesia saja loh yang ramai saat perayaan Idul Adha. Di Negara-negara lain pun punya keseruan dan keunikan masing-masing. Hmmm.. kira-kira gimana ya? Yuk baca artikel selengkapnya.

  1. China

Meskipun agama Islam di Negara ini merupakan agama yang minoritas, namun perayaan Idul Adha dilakukan cukup khidmat dan berangsur selama empat hari penuh. Biasanya umat muslim China di Tiongkok saling bertukar bingkisan dan makanan untuk hidangan berbuka puasa Arafah. Namun sayangnya, untuk sholat Ied, pemerintah China menetapkan bahwa hanya laki-laki saja yang diperbolehkan untuk mengikuti shalat sedangkan untuk kaum wanita hanya menunggu di rumah.

  1. Amerika Serikat

Berbeda dengan Negara lainnya, penyembelihan hewan qurban biasa dilakukan secara bebas di jalan, lapangan atau halaman masjid, di Negara minoritas muslim ini hewan qurban disembelih di tempat-tempat pemotongan hewan sebelum didistribusikan kepada yang berhak. Adapun libur Idul Adha di Negara ini biasanya hanya 1 hari, dan apabila perusahaan tidak memberikan izin kepada karyawan muslimnya, umat muslim di Amerika Serikat memilih untuk mengambil cuti.

  1. Maroko

Mrouzia dan Boulfaf adalah olahan daging sapi atau domba yang dibakar atau direbus dengan rempah-rempah yang memiliki rasa yang sangat lezat. Inilah makanan khas Maroko yang dihidangkan saat Hari Raya Idul Adha. Di Maroko, hari raya Idul Adha dilaksanakan selama tiga hari dan digunakan untuk beribadah dan mengaji sebagai wujud syukur dengan momen yang penuh berkah ini.

  1. Pakistan

Di Pakistan, Hari Raya Idul Adha diperingati selama empat hari beturut-turut. Umat muslim di Pakistan menutup toko dan pemerintah meliburkan pegawainya selama empat hari untuk melaksanakan ibadah puasa Arafah dengan khusyu’. Banyak sumber menyebutkan bahwa Hari Raya Idul Adha di Pakistan lebih khidmat dibandingkan Hari Raya Idul Fitri. Satu hal yang paling unik di Negara ini hewan qurban yang akan disembelih dimandikan terlebih dahulu dan setelahnya dihiasi dengan diberikan kalung-kalung bunga plastik. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kebersihan hewan qurban dan bentuk penghormatan kepada Nabi Ibrahim Álaihis Salam.

  1. Turki

Baqri-Eid atau Festival Sapi. Itulah sebutan perayaan Hari Raya Idul Adha di Negara ini. Sama seperti di Indonesia, perayaan Idul Adha di Turki dengan menyebelih hewan qurban Sapi, Kambing atau Domba. Namun bedanya, di Turki biasanya tak hanya membagikan daging qurban dalam bentuk yang belum diolah namun juga yang telah diolah. Adapun libur Idul Adha di Turki sama dengan di China dan Pakistan yang berlangsung selama empat hari.

  1. Arab Saudi

Di Negara ini, perayaan Idul Adha dilakukan secara besar-besaran. Hewan qurban tidak hanya dibagikan ke tetanga atau kerabat yang membutuhkan namun didistribusikan secara luas ke Negara-negara Islam yang miskin seperti di kawasan Afrika, Asia Tengah dan Asia Selatan. Daging hewan qurban yang didistribusikan secara luas ini dibekukan dan dikirim melalui kapal ataupun pesawat. Hewan yang dikurbankanpun hanya sedikit yang berupa Kambing, Domba atau Sapi, karena yang terbanyak adalah Unta. Kalau Sahabat Hawa sendiri, sudah pernah mencoba daging Unta belum? Hehehe

Pras

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.