Sebelum Menuju Dzulhijjah, Kenali Dulu Bulan Dzulqa’idah

Sahabat Hawa, gak terasa yaaa.. beberapa hari ini lagi kita masuk ke bulan Dzulhijjah, dimana pada bulan tersebut kita akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Dan hendaklah kita bersuka cita dalam menyambutnya. Namun, sebelum kita memasuki bulan Dzulhijjah, saat inu kita berada di hari-hari terakhir bulan Dzulqa’idah.

Sahabat Hawa tau tidak? Ada apa saja sih di bulan ini? dan seharusnya digunakan untuk apa? Adakah pahala yang bisa kita raih di hari-hari terakhir bulan Dzulqa’idah ini? yuk kenali lebih dalam, apa sih bulan Dzulqai’dah itu? Baca artikel selengkapnya yuk…

Nama Dzul Qai’dah

Secara bahasa, bulan ini terdiri dari kata Dzul dan Al Qo’dah. Dzul berarti sesuatu yang memiliki dan Al Qo’dah artinya tempat yang diduduki. Jadi maksudnya, pada bulan ini masyarakat Arab duduk (tidak berpergian) di daerahnya dan tidak melakukan perjalanan atau peperangan.

Source: google

Termasuk Bulan Haram

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus. Maka janganlah kalian menganiaya diri kalian di dalamnya.” (At Taubah: 36)

Dalam Taisiril Karimir Rahman, halaman 372-373, empat bulan haram yang dimaksud adalah; Rajab Fard, Dzul Qai’dah, Dzul Hijjah dan Al-Muharram. Disebut sebagai bulan haram, karena kemuliaannya yang lebih, dan di bulan ini dilarang melakukan perang.

Allah berfirman;

“Mereka bertanya kepadamu tentang berperang dalam bulan haram. Katakanlah: “Berperang dalam bulan itu adalah dosa besar.” (QS. Al-Baqarah: 217)

Para ulama menafsirkan bahwasannya, pada bulan ini kita diminta untuk;

  1. Bersyukur kepada Allah atas anugerahNya atas kemanfaatan, perlindungan dan kemaslahatan untuk hamba-hambaNya.
  2. Larangan untuk berbuat perang atau berlaku zhalim/aniaya kepada sesama. Karena bulan ini termasuk bulan Haram, maka lebih berat pelanggaran dan dosanya jika berlaku zhalim di bulan ini.

Source: Google

Kebiasaan Masyarakat Arab di Bulan Dzul Qai’dah

Masyarakat Arab sangat menghormati bulan-bulan haram, Dzul Qai’dah salah satunya. Pada mulai ini, mereka menggelar pasar-pasar untuk berdagang dan menunjukkan syair mereka. Daerah yang biasa menjadi tempat untuk menggelar dagangan mereka yaitu Ukkadz selama 20 hari pertama dan dilanjutkan ke Majinnah untuk 10 hari terakhir. Selnjutnya, dilanjutkan dengan ibadah haji. Bulan haram inilah sangat disukai oleh semua golongan. Satu sama lain aman dan tidak ada yang mengganggu.

 

Pras

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.