Mulai Musim Hujan, Begini Caranya agar Pakaianmu Gak Bau Apek!

Sahabat Hawa, akhir-akhir ini hujan terus yaaa.. Alhamdulillah. Kalau lagi hujan, jangan lupa berdoa ya, karna salah satu waktu mustajabnya doa adalah ketika turun hujan. Namun saat musim hujan, mungkin banyak ibu-ibu yang mengalami drama seputar cuciannya yang bau apek lantaran belum kering. Mungkinkah Sahabat Hawa salah satunya? Hehehe

Kalau kamu salah satunya, wajib banget nih kamu tau gimana caranya agar pakaianmu tidak berbau apek dan tetap bersih, wangi dan terawat. Simak tipsnya ya, mulai dari mencuci, mengeringkan, menyetrika dan menyimpan pakaian-pakaian tersebut. Semoga bermanfaat 🙂

Mencuci Pakaian

Baik musim hujan, kemarau ataupun pancaroba sekalipun hehehe cara mencuci pakaian tetap sama ya, Sahabat Hawa. Pisahkan pakaian yang berwana dan yang tidak bewarna (hitam/putih). Bila mencuci menggunakan tangan, jangan terlalu keras dalam menyikat ataupun menguceknya. Dan jika mencuci menggunakan mesin cuci, pastikan benar-benar bersih. Bilas 3-4 kali. Dan yang terpenting pastikan tidak ada busa yang tertinggal.

Rendam Pakaian Menggunakan Pewangi

Karna dikhawatirkan berbau apek bila pakaian tidak kunjung kering, makanya kamu wajib merendam pakaianmu menggunakan pewangi setelah pakaianmu benar-benar bersih. Rendam selama 15-20 menit dan pastikan menggunakan pewangi yang berkualitas baik dan memiliki wangi yang lembut. Karena bila terlalu mengeluarkan wangi yang menyangat, dikhawatirkan pakaian akan semakin berbau apek bila tidak kering.

Menjemur Pakaian

Ini adalah point penting karena berkaitan langsung dengan cuaca. Meskipun tidak ada cahaya matahari, pastikan kamu menjemurnya di tempat yang langsung terkena angin. Dan bila hujan tiba, segeralah mengangkat cucian kamu dan tetaplah menjemur di dalam ruangan yang memiliki cahaya penerangan. Hal ini bertujuan agar mengurangi lembab pada pakaian dan cepat kering.

Menyetrika Pakaian

Saat menyetrika, pastikan kamu menyesuaikan panas setrikamu dengan bahan pada pakaianmu. Suhunya jangan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Dan jangan lupa disemprot kembali dengan pewangi pakaian.

Menyimpan Pakaian

Ini bagian akhir ya, Sahabat Hawa. Simpanlah di lemari yang kering dan tidak lembab. Dan simpan pakaianmu setelah disetrika sesuai dengan pakaian teersebut. Misal, gamis dengan gamis, kerudungan dengan kerudungan. Agar lemarimu dapat muat banyak dan terlihat rapih.

 

Itu saja tips dari kami. Sahabat Hawa ada yang mau menambahkan? Semoga bermanfaat ya 🙂

 

Pras

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.