Laa Isbal Itu Keren! Belajar dan Biasakan Yuk!

 

“Bro, celana lu kenapa ngatung gitu sih? kaya orang kebanjiran”

“Gak keren banget, gaul dikit dong!”

“Gue pake celana yang biasa ajalah, terlalu fanatik banget. Kan yang penting niatnya!”

Sahabat Hawa, lagi-lagi pembahasan di artikel dibuka dengan pertanyaan dan opini dari orang lain ya, hehehe. Karena memang itu faktanya. Sahabat Hawa ada yang pernah mengalaminya?

Hmm.. pasalnya, memakai celana tidak isbaal (cingkrang) di kehidupan sehari-hari masih ada sebagian orang yang beranggapan hal tersebut dianggap kuno, fanatik ataupun tidak gaul. Kalau ada yang menilaimu demikian, ya senyumin aja ya hehe dan didoakan agar suatu saat orang tersebut merasakan nikmatnya menaati perintahNya dan menjalani sunnah-sunnah RasulNya.

Dan sebenarnya, anggapan dari orang-orang tersebut, tidak benar loh kalau laa isbal itu kuno dan tidak gaul. Karena kini, trend celana ngatung sudah banyak digemari bahkan penggemarnya bukanlah dari kalangan timur yang mayoritas beragama Islam. Melainkan dari barat yang mana mereka menyebutnya dengan sebutan cropped pants. Bedanya, hanya bagian atas celananya lebih ketat. Jadi, sebenarnya laa isbal itu keren! apalagi kalau kamu bisa mix and match dengan atasan yang cocok, maka dijamin kamu akan tampil kece dan percaya diri!

Hukum Laa Isbal itu apa?

Sahabat Hawa, di sini penulis tidak akan menjabarkan secara detail apa hukum dari laa isbal itu sendiri. Karena, para ulama sendiri berbeda pendapat. Ada yang mengatakan makruh, ada juga yang mengatakan mendekati haram. Berikut adalah referensi hadits shahih yang dapat Sahabat Hawa jadikan referensi.

Hadist 1:

Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kain yang panjangnya di bawah mata kaki tempatnya adalah Neraka” (HR. Bukhari 5787).

Hadist 2:

Aku (Ibnu Umar) pernah melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, sementara kain sarungku terjurai (sampai ke tanah). Beliau pun bersabda, “Hai Abdullah, naikkan sarungmu!”.  Aku pun langsung menaikkan kain sarungku. Setelah itu Rasulullah bersabda, “Naikkan lagi!” Aku naikkan lagi. Sejak itu aku selalu menjaga agar kainku setinggi itu.” Ada beberapa orang yang bertanya, “Sampai di mana batasnya?” Ibnu Umar menjawab, “Sampai pertengahan kedua betis.” (HR. Muslim no. 2086).

Hadits 3:

Sufyan bin ‘Uyainah menuturkan kepadaku, dari Ibrahim bin Maisarah, dari ‘Amr bin Asy Syarid, dari ayahnya, atau dari Ya’qub bin ‘Ashim, bahwa ia mendengar Asy Syarid berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam melihat seorang laki-laki yang pakaiannya terseret sampai ke tanah, kemudian Rasulullah bersegera (atau berlari) mengejarnya. Kemudian beliau bersabda: “Angkat pakaianmu, dan bertaqwalah kepada Allah“. Lelaki itu berkata: “Kaki saya bengkok, lutut saya tidak stabil ketika berjalan”. Nabi bersabda: “Angkat pakaianmu, sesungguhnya semua ciptaan Allah Azza Wa Jalla itu baik”.

Sahabat Hawa, dari ketiga hadits shahih di atas saja terlihat bahwa kita benar-benar Allah perintahkan untuk tidak isbal. Adapun perbedaan pendapat antara makruh dan haram, hendaknya kita mengambil pendapat yang terkuat dan perlahan hijrah meninggalkan yang syubhat.

 

Laa Isbal itu keren!

Sahabat Hawa, jikalau dari kalian ada yang belum mengenakan celana laa isbal dan memiliki keinginan untuk memakainya namun ragu tidak cocok, jangan khawatir! sekali lagi, Laa Isbal itu keren!”. Celana model ini cocok menjadi pilihan outfit-mu baik di kegiatan formal hingga santai. Gak percaya? coba ikuti beberapa gambaran mix and match dengan atasan pakaian yang mungkin cocok untukmu.

  1. Padupadankan dengan atasan kemeja

Kalau kamu ingin menghadiri acara formal atau resmi, memang menggunakan kemeja adalah hal yang umum dan biasa terjadi. Tapi, biasanya bawahan untuk kemeja adalah celana panjang formal di bawah mata kaki. Nah, sudah saatnya gayamu berubah! cobalah pakai celana laa isbal. Dijamin, gayamu akan tampil beda dan membuat orang lain terpana!

  1. Tampil casual dengan atasan kaos oblong

 

Kalau kamu mau jalan-jalan santai sama teman-temanmu, coba deh tinggalkan celana jeansmu. Beralihlah ke celana laa isbal. Pilihlah warna-warna yang berani seperti coklat, navy, army dan sebagainya. Lalu untuk atasannya, pakailah kaos oblong. Dijamin, gayamu akan tetap casual dengan look yang lebih fresh!

  1. Cocok untuk seru-seruan foto bersama

Sahabat Hawa, kamu pasti punya kan teman-teman yang istilahnya ‘sohib lo banget?’ nah, coba deh, ajak mereka untuk foto bersama. Tentukan tema dan tempat yang menarik. Dan untuk outfit, coba deh kalian kompakan pakai celana laa isbal warna hitam atau navy semua dengan atasan kaos putih polos ditambah rompi jeans. Waaah.. gaya kalian bakalan epic banget dan foto yang kalian abadikan bisa jadi kenangan yang memorable banget saat berjauhan. Mau bukti? Cobalah…

  1. Tampil gaya saat musim hujan

Nah, buat point ke empat ini, cocok banget nih buat yang nyinyir kalau celana laa isbal itu celana kebanjiran hehe. Ndak apalah ya kalau image-nya seperti itu, berarti saat musim hujan adalah momentnya kita nih buat tampil gaya! hehehe. Coba deh, untuk outfit celana laa isbalnya kamu padupadankan dengan atasan kaos lengan panjang dan serasikan warnanya. Jangan heran nanti ya, kalau orang-orang yang tadinya nyinyirin kamu justru mengikuti gayamu! hehehe

 

Semoga artikel ini bermanfaat ya..

“Laa Isbal itu keren!”

 

Pras

 

UNTUK ORDER LAA ISBAL GERAI HAWA 

Silahkan Hubungi:

 Sofya: 08111714543
  Nia: 081384040307  
Lana: 08111004409
 Ayu : 082225588222
 Dian : 08111714363



 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *