Kerja Di Perusahaan Startup Gak Menguntungkan, Kata Siapa? Kamu Harus Tau Ini!

Di era Milineal saat ini, banyak sekali perubahan yang terjadi selaras dengan mengikuti perkembangan zaman. Banyak sekali ide, kreatifitas dan inovasi yang dapat dijadikan peluang untuk menghasilkan keuntungan. Salah satunya, berkaitan dengan dunia kerja. Kini, banyak sekali perusahaan-perusahaan baru yang bermunculan melihat dari pangsa pasar yang menggiurkan. Dan tentunya ini juga menjadi peluang lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Nah, untuk kamu generasi milineal yang sedang meniti karir, terutama untuk fresh graduated, cobalah untuk bergabung dengan perusahaan startup. Bekerja di perusahaan berkembang, tak hanya menguntungkan tapi juga mengasyikan, ‘Gak percaya?’ silahkan simak artikel di bawah ini!

  1. Tak hanya perusahaannya yang berkembang, diri kamu juga berkembang

Kalau di perusahaan-perusahaan besar, mayoritas mereka mencari karyawan yang experienced dalam bidangnya. Sedangkan kalau di perusahaan startup, mereka akan mencari lulusan baru yang bersemangat. Nah, di sinilah kesempatan kamu untuk mengasah kemampuanmu di ranah yang sedang berkembang. Tak hanya itu, kamu juga bisa mempelajari hal-hal baru yang sebelumnya bahkan belum kamu dapati. Asyik kan? Kerjamu gak membosankan dan kamu semakin berkembang.

  1. Teman kantor bukan sainganmu, tapi keluarga keduamu!

Sahabat Hawa, pasti kamu pernah dengar berita atau informasi terkait rekan kerja yang bersaing satu sama lain, bahkan hingga saling menjatuhkan dengan segala cara yang tidak sehat. Kondisi tersebut memang realita di dunia kerja. Tapi, apabila kamu bekerja di perusahaan startup, kondisi demikian jarang sekali terjadi. Mengapa? Karena jumlah karyawan yang tidak banyak, kalian bisa saling mengenal dan akrab satu sama lain. Dan biasanya, perusahaan startup didominasi oleh karyawan yang seumuran, jadi kalau sedang ‘ngobrol’ bisa nyambung satu sama lain. Meskipun ada beberapa yang usianya jauh lebih tua, jiwa mereka akan terbawa muda oleh rekan kerjanya. Bahkan, kamu bisa luwes berbicara dengan atasanmu seperti teman sendiri. Kurang asyik apalagi coba?

  1. Bukan hanya rekan keluargamu yang menjadi keluarga keduamu, tapi kantormu adalah rumahmu!

Ini adalah hal yang tidak akan kamu temui di perusahaan besar. Apa itu? Yaitu.. jadwal piket hihihi. Kamu akan kembali lagi di masa bangku sekolah dan betemu dengan hal yang satu ini. Kantor bagi perusahaan startup adalah rumah sendiri, kamu bebas melakukan hal yang kamu inginkan selama kamu menaati aturan dan bertanggung jawab dengan pekerjaanmu. Namun, kamu juga harus memperhatikan kebersihan kantormu. Karena kebersihan akan mempengaruhi kenyamananmu dalam bekerja. Nah, di kantor berkembang, jarang sekali yang memiliki OB, jadi kebersihan merupakan tanggung jawab semua karyawan. “Ih.. males banget!” hmm.. seminggu cuma satu kali kok, dan kamu mengerjakannya gak sendirian, melainkan bersama teman piketmu. Tak hanya bertanggung jawab pada kebersihan kantormu, kamu juga harus bertanggung jawab pada kebersihan meja kerjamu sendiri. Ingat loh, tak ada OB! hihihi

  1. Tak perlu pakai kemeja dan bersepatu tinggi, kamu bebas berpakaian santai

“Hari ini pakai kemeja apa ya ke kantor? Kalau outfit yang ini sepertinya sudah tak menarik lagi, hmm… harus sedia kemeja yang banyak nih supaya gak malu kalau ketemu atasan atau client” pusing juga ya, tiap hari memikirkan penampilan. Nah, kalau kamu bekerja di perusahaan  startup, kamu gak perlu memikirkan hal-hal semacam ini, karena kamu bebas memakai pakaian apapun selama itu sopan. Jadi ya, serasa masih kuliah saja, hihihi

  1. Kamu punya ide kretaif? Kamu bebas salurkan..

Bekerja di perusahaan startup, kamu akan merasakan langsung menjadi bagian dari kesuksesan perusahaanmu, karena sifat perusahaannya yang fleksibel, kamu bebas menyalurkan ide kreatifmu. Tak hanya dapat memberikan ide dalam teknis, namun kamu juga bisa membantu menyusun konsep-konsep untuk kemajuan perusahaanmu. Jika idemu berhasil, maka usahamu akan diapresiasi.

  1. Skillmu ternyata luar biasa, “posisimu mudah sekali naik!”

Kalau di perusahaan besar, naik jabatan adalah hal yang sulit. Selain saingannya banyak, rentang waktunyapun dalam jangka waktu yang cukup lama. Berbeda dengan perusahaan yang berkembang, apabila kamu memiliki skill yang dibutuhkan perusahaan, tak perlu waktu lama perusahaan akan memintamu untuk menyalurkan skillmu di posisi yang baru.

Bagaimana Sahabat Hawa, masihkah berfikir bahwa bekerja di perusahaan startup tidak menguntungkan? Kamu salah kan.. yuk jadikan pertimbangan!

 

Pras

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *