Kamu Terlambat Datang Bulan? Eits.. Jangan Khawatir Dulu. Ini Penyebabnya

“Duh, kok bulan ini telat ya, kok belum dapet-dapet juga?”

“Nah…loh, jangan-jangan kamu….”

Sahabat Hawa, pernah gak sih kamu di situasi seperti ini? dikarenakan kamu terlambat menstruasi jadi bahan ledekan yang tidak-tidak. Bikin bete kan yah? Tapi mungkin kamu penasaran juga, memang apa sih yang menyebabkan haidmu tidak lancar? bahaya tidak ya?

Jangan khawatir, hal tersebut normal kok, tidak haid bukan hanya karena kehamilan ya.. banyak faktor lain. Apa saja sih? Yuk simak artikel di bawah ini;

  1. Perubahan berat badan yang drastis

Sahabat Hawa, entah berat badanmu terjadi penambahan atau penurunan, bila itu kondisinya drastis, itu salah satu hal yang dapat mempengaruhi siklus haid kamu loh. Mengapa? Karena, perempuan yang mengalami penurunan berat badan secara drastis biasanya menderita gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Akibatnya, asupan makanan bergizi dan hormone esterogenpun menurun. Hal ini juga mengakibatkan penurunan frekuensi ovulasi yang menyebabkan haidmu jarang atau berhenti sama sekali.

Begitu juga dengan kamu yang mengalami penambahan berat badan secara drastis, tubuh akan memproduksi kelebihan esterogen yang menyebabkan dinding Rahim menebal dan berhenti berovulasi, dan ini pun dapat mempengaruhi siklus haid kamu. Dan kelebihan hormon esterogen ini tidak baik ya, Sahabat Hawa karena dapat menyebabkan peningkatan resiko kanker endometrium.

  1. Olahraga yang berlebihan

Sahabat Hawa, kita tau bahwa berolahraga sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, apapun itu jika dilakukan secara berlebihan memang tidak baik ya, Sahabat Hawa, termasuk dalam berolahraga.

Berolahraga yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan yang menyebabkan kondisi amenore atau berarti tidak menstruasi. Hal ini dikarenakan beratnya olahraga membuat produksi esterogen ke dalam tubuh berkurang. Untuk itu, buatlah porsi aktivitas yang menjadi prioritas utama dan kurangi hal-hal yang tidak terlalu penting yang dapat menyebabkan dirimu kelelahan.

  1. Jadwal harian yang berubah-ubah

Untuk kamu yang memiliki waktu yang padat dan dilakukan secara terus menurus membuat tubuhmu bekerja, hal ini adalah faktor yang sering membuat haidmu tidak lancar. Terlebih jika kamu memiliki waktu tidur yang sedikit. Maka sudah dipastikan, jadwal haidmu akan menjadi kacau! Usahakanlah tidur dengan waktur yang cukup, Karena tidur sangat penting mengembalikan kondisi tubuhmu yang stabil.

  1. Konsumsi obat-obatan tertentu

Apabila Sahabat Hawa sedang mengkonsumsi obat-obatan seperti; obat antidepresan, obat antiseptic, obat tekanan darah, obat alergi, kemoterapi, alat kontrasepsi, obat gatal dan obat telinga, biasanya obat-obatan ini mempengaruhi siklus menstruasi. Jika Sahabat Hawa telah selesai mengkonsumsinya, biasanya siklus haid akan kembali lancar dan normal kembali.

  1. Stress dan kecemasan yang berlarut-larut

Kalau kamu sedang stress, memikirkan sesuatu secara terus menerus dan cemas yang berlarut. Maka ini salah satu faktor haidmu tidak lancar! Ketika stress, kelenjar hipotalamus akan terganggu. Hipotalamus merupakan bagian dari otak yang menjadi tempat berbagai hormon mengatur periode haid. Maka, hindarilah diri kita agar tidak terjebak stress ya, Sahabat Hawa. Ubahlah gaya hidup yang baik, belajar teknik relaksasi dan dekatkan diri kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

  1. Adanya gangguan kelenjar tiroid

Sahabat Hawa, kamu punya penyakit gangguan kelenjar tiroid? Nah ini, jika iya.. ini juga bisa menjadi penyebab utama haidmu tidak lancar. Gangguan kelenjar tiroid menyebabkan diri kita menjadi sangat kelelahan, berat badan cepat naik, rambut rontok dan merasa kedinginan. Tiroid yang terganggu ini menimbulkan masalah anovulasi atau ovulasi menjadi lemah. Untuk itu, jika Sahabat Hawa memiliki ciri-ciri gangguan tersebut, baiknya periksakan dirimu ke dokter ya!

  1. Gaya hidup yang tidak baik seperti merokok dan minuman berakohol

Untungnya, kita sebagai Muslim memang dilarang oleh agama kita untuk merokok dan minum minuman yang berakohol. Jika kita mengkonsumsi minuman dan rokok tersebut, maka kita dapat mengalami gangguan menstruasi dan juga reproduksi. Jadi, tidak hanya siklus haid saja yang terganggu, tapi juga dapat memicu kemandulan. Alhamdulillah, kita jauh dari keduanya ya, Sahabat Hawa.

 

Jadi, untuk Sahabat Hawa yang mengalami siklus haid tidak lancar atau bahkan tidak haid, Jangan kemelulu khawatir yang berlebih ya.. Dan bukan hanya disebabkan oleh kehamilan. Segera priksakan dirimu ke dokter untuk info yang lebih detail sesuai kondisi kesehatanmu masing-masing.

Semoga Bermanfaat

Pras

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *