Kamu Kehujanan dan Kedinginan? Hangatkan Tubuhmu Dari Dalam Dengan Makanan & Minuman ini

Di sini hujan, di sana hujan. Dimana-mana selalu hujan ya, Sahabat Hawa. Maa Syaa.. Allah wa Alhamdulillah.. Kita sebagai seorang Muslim haruslah bersyukur saat hujan turun, karena hujan adalah rahmat dan bukti akan kekuasaanNya. Untuk itu, janganlah mengeluh ketika Allah menurunkan hujan. Berdoalah, seraya memuji nikmatNya.

“Dan di antara tanda-tandaNya (ialah) bahwa kau lihat bumi kering dan gersang, maka apabila kami turunkan air di atasnya, niscahya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan yang Maha Menghidupkannya, pastilah dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu” (QS. Fushshilat: 39)

Untuk itu, Sahabat Hawa, apabila musim hujan datang, janganlah salahkan hujannya, namun persiapkanlah diri kita menhadapinya. Jagalah kondisi tubuh agar tetap vit karena pada musim ini mudah sekali tubuh kita terserang penyakit, juga jaga pula kebersihan lingkungan, minum multivitamin, istirahat yang cukup dan yang terpenting bawa selalu payung atau jas hujan ya, Sahabat Hawa.

Nah, dari semua persiapan tersebut, point terakhirlah yang sering terlupakan. Alhasil, kita kehujanan deh.. hehehe. Benar, tidak? Jika Sahabat Hawa mengalami kondisi tersebut, sesampainya di rumah, mandilah dengan air hangat lalu lakukan pertolongan pertama dengan menghangatkan tubuh dari dalam dengan makanan dan minuman yang cocok disantap ketika sehabis kehujanan. Apa saja ya? Yuk simak artikel di bawah ini:

  1. Teh hangat adalah yang utama!

Minum teh setelah kehujanan memang sudah umum dilakukan oleh semua orang, selain mudah dihidangkan, efeknya pun langsung terasa membuat tubuh menjadi hangat dan pernafasan menjadi lega. Mau yang sedikit berbeda? Sahabat Hawa juga bisa menambahkan madu dan jahe di dalam teh. Karena fungsinya dapat mengembalikan energy, menjaga daya tahan tubuh dan meredakan sakit kepala.

  1. Coba makan umbi-umbian, jenisnya sih tergantung selera…

Umbi-umbian mengandung banyak vitamin A dan C, kalsium, serat dan sedikit zat besi dan efektif untuk menghangatkan tubuh. Seperti yang Sahabat Hawa juga ketahui, jenisnya beragam seperti ubi, labu, kentang dsb. Diolahnya pun bisa dengan berbagai cara seperti direbus, dipanggang, dikukus, dibakar atau divariasikan sesuai seleramu. Kalau penulis sendiri lebih suka dijadikan kolak ubi, labu dan ditambah dengan pisang hehe.

  1. Makan-makanan pedas, kesukaan siapa ini? hehe

Untuk kamu si lidah tebal alias pecinta makanan pedas, makan-makanan kesukaanmu yang pedas itu cocok sekali loh dimakan setelah kehujanan. That’s a perfect timing! Mengapa? karena cabai, cabai merah khususnya mampu merangasang sistem peredaran darah yang menghasilkan sensasi hangat dalam tubuh. Ini berkat senyawa aktif yang terkandung di dalamnya yaitu capsaicin. Itulah mengapa, ketika kita makan pedas, kita juga suka ‘kegerahan’, kan? hehe. Oh ya, selain dapat menghangatkan badan, cabai juga dapat menurunkan berat badan, karena cabai memiliki efek mengenyangkan dan pemecahan lemak dalam tubuh.

  1. Tak hanya teh, wedang kayu manis juga okee..

Mengapa wedang kayu manis? mengapa tak wedang jahe saja? ya sudah pasti, jahe memang memiliki rasa pedas dan dapat menghangatkan tubuh dan wedang jahe pun sudah mainstream sekali hehe. Cobalah Sahabat Hawa membuat wedang kayu manis. Kayu manis merupakan kelompok rempah-rempah Indonesia yang tentunya memiliki khasiat yang kaya manfaat. Cara membuatnya pun tak kalah mudah dengan membuat teh. Tinggal rebus air ±5 menit di api kecil, lalu masukan kayu manis dan biarkan hingga mendidih. Untuk rasa, Sahabat Hawa bisa tambahkan dengan madu. Mudah bukan?

  1. Sup hangat, hmmm.. I like it!

Kalau yang satu ini, memang perpaduan rasa yang oke banget ya, Sahabat Hawa. Sayur-sayuran yang disiram kuah kaldu yang diperbanyak dengan bumbu lada dan bawang putih dan disantap setelah kehujanan. Maa syaa Allah… hehehe. Sup yang dikonsumsi selagi hangat dapat menipiskan lendir dalam tubuh, lalu karbohidrat dan antioksidan didalamnya dapat meningkatkan energy dan kekebalan tubuh. Serta, lada dan bawang putih yang banyak juga dapat meningkatkan sirkulasi dan memberikan efek hangat yang menenangkan.

Nah, dari kelima makanan dan minuman di atas, mana yang paling Sahabat Hawa sukai ketika disantap selepas kehujanan? Atau ada makanan dan minuman lainnya? Yuk share di kolom komentar. Semoga bermanfaat..

 

Pras
Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *