Gajian Akan Tiba = Ingatlah Selalu Orang Tua!

Gajiaaaaaan! Adalah angin segar dan kabar menggembirakan yang ditunggu-tunggu oleh setiap karyawan manapun di akhir bulan. Terbayar sudah rasa lelah selama sebulan menunaikan tanggung jawab pekerjaan. Dan di saat kita menerima hasil dari jerih payah tersebut, seringkali kita terlalu bahagia dan membeli segala sesuatu yang kita inginkan sampai di luar kebutuhan. Boleh saja memang, karena itu merupakan hak dari pribadi masing-masing. Namun, ingatlah kebahagiaan tersebut hanya sementara dan sia-sia karena hal tersebut merupakan pemborosan yang akan merugikan diri sendiri.

Bijaklah dalam mempergunakan uangmu, dan jadikanlah ia bernilai yang tak hanya memuaskan dirimu, tetapi juga membahagiakan orang tuamu. Jadi, alokasikanlah sebagian rezekimu untuk membahagiakan mereka ya, Sahabat Hawa. Meski yang kau beri tak seberapa, namun ingatlah keberhasilanmu kini, terlahir dari ridha, keringat dan doa mereka.

Dan untuk memantapkan niatmu, inilah hal-hal yang akan membuatmu lebih yakin dan bahagia untuk memberikan sebagian rezekimu ke orang tua. Simak artikel di bawah ini ya, Sahabat Hawa:

  1. Teman dan sahabatmu saja, kau buat bahagia. Harusnya orang tuamu pun lebih utama

Akhir bulan, tak jarang di minggu pertama kita banyak menghabiskan uang untuk memuaskan diri. Belanja ke Mall, ngopi cantik di cafe sampai dengan mentraktir teman-teman terdekat. Ada yang seperti ini? Tentu ada. Tak salah, jika dirimu seperti itu. Namun, sebelum kamu membahagiakan teman-teman terdekatmu, ada orang yang jauh lebih dekat dengamu yaitu orang tuamu. Perlakukanlah mereka dengan spesial dan utama. Belikanlah sesuatu yang mereka butuhkan atau ajaklah mereka makan bersama di luar. Meski sederhana, hal ini akan menjadi momentum bahagia yang selalu mereka ingat dan syukuri.

  1. Jangan sampai dirimu menyesal ketika mereka sudah tiada

Anak mana yang bahagia ketika orang tua mereka sudah tiada dan kembali kepadaNya? Tak ada bukan? Untuk dirimu yang masih Allah beri kesempatan bersama kedua orang tuamu, bahagiakanlah mereka, karena Allah masih memberimu waktu untuk berbakti kepadaNya. Patuhi dan sayangilah mereka. Dan sesekali, berikanlah mereka hadiah atau kejutan. Meski yang kau beri tak seberapa, namun akan bermakna di hati mereka. Untuk itu, manfaatkanlah waktumu untuk membahagiakan mereka.

  1. Ingatlah selalu kasih sayang mereka

Kamu tak akan pernah bisa sampai seperti dirimu yang saat ini, tanpa ada campur tangan mereka. Ya, orang tua. Tak sedikit pengorbanan mereka; mulai dari biaya, waktu, tenaga, kasih sayang dan fokus mereka hanya untuk mendidik dan membesarkan buah hati mereka. Untuk itu, ingatlah selalu kasih sayang mereka, meski kau tak akan pernah bisa membalas jasanya, namun kau bisa membuatnya bangga dan tersenyum. Untuk itu, alokasikanlah rezekimu untuk mereka ya, Sahabat Hawa.

  1. Kamu akan merasakan sesuatu yang berbeda, saat orang tuamu berkata,
    “Terima Kasih ya, Nak…”

Untuk kamu yang telah terbiasa memberikan sebagian rezekimu ke orang tuamu, pasti kamu mengerti rasanya saat orang tuamu berkata, “Terima Kasih ya, Nak…” ada sensasi bahagia, haru dan sedih yang bercampur jadi satu. Apakah kamu merasa uangmu akan berkurang? Tidak, justru hal ini yang membuat hatimu lega dan bahagia. Kamu akan bersemangat untuk bekerja lebih giat, karena rasa terima kasih orang tuamu yang terucap ataupun tak terucap akan mereka panjatkan lewat doa, yang in syaa Allah rezekimu akan berlibat ganda dan Allah murahkan.

  1. Apabila dirimu bahagia ketika memberikan rezekimu yang tak seberapa untuk orang tua, pastinya kamu akan jauh lebih bahagia ketika memberikan mereka sesuatu yang lebih berharga

Sahabat Hawa, apabila Allah merezekikanmu dengan penghasilan yang lebih dari cukup dari kebutuhanmu, kamu pasti akan terfikirkan untuk menabung, mendaftarkan diri ke asuransi atau investasi untuk masa depanmu. Namun sahabat, cobalah sesuatu yang lain, sisihkanlah uangmu setiap bulannya untuk tabungan yang dikhusukan untuk orang tuamu. Tujuannya untuk apa? Ya untuk memberikan mereka hadiah yang lebih berharga. Memang dibutuhkan keyakinan, kesabaran dan konsistensi dalam menjalankan ini. Namun, saat tabunganmu terkumpul, kamu bisa hadiahkan apa saja, pergi ke tanah suci misalnya. Kalau sudah seperti ini, bukan orang tuamu saja yang menangis bahagia, kamu pun sama.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Sahabat Hawa…

Semoga Allah melancarkan rezeki kita semua untuk membantu, membahagiakan dan memuliakan orang tua kita. Aamiin yaa Rabbal ‘Alamin…

Ibnu Mas’ud berkata: “Aku pernah bertanya kepada Rosululloh, ‘Amalan apakah yang paling dicintai Alloh?’ Beliau menjawab, ‘mendirikan sholat pada waktunya,’ Aku bertanya kembali, ‘Kemudian apa?’ Jawab Beliau, ‘berbakti kepada orang tua,’ lanjut Beliau. Aku bertanya lagi, ‘Kemudian?’ Beliau menjawab, ‘Jihad di jalan Alloh.’” (HR. Al Bukhori no. 5970).

Pras

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *