Agar Anak Laki-Lakimu Tumbuh Dengan Pemberani, Inilah Peran Ayah yang Harus Dilakukan!

Sahabat Hawa, sekarang ini banyak sekali prilaku-prilaku menyimpang muda mudi masa kini yang mudah dicontoh oleh anak-anak kita. Bagi yang memiliki anak laki-laki, kita selaku orang tua harus membimbing dan mengawasi pertumbuhannya agar kelak ia dapat menjadi pribadi yang dipenuhi nilai-nilai kebaikan dan dapat diandalkan.

Untuk itu, agar anak bisa memiliki dua hal tersebut, pentingnya membangun kedekatan antara ayah dan anak laki-laki. Karena tugas ayah, bukan hanya mencari nafkah dan menghidupi keluarga, tapi juga pendamping peran seorang ibu.

Nah, kali ini.. agar anak laki-lakimu bisa diandalkan, ia harus memiliki sifat yang pemberani. Lalu bagaimana caranya? Apa peran seorang ayah? Yuk baca artikel selengkapnya.

  1. Mendengarkan curhat sang anak dan bimbing dia dalam mengambil keputusan

Ayah, sering-seringlah berdialog dengan sang anak. Tanyakan bagaimana perkembangan sekolah atau aktifitasnya di luar rumah. Anak pasti dihadapkan dengan beberapa permasalahan dan pilihan, namun tak jarang si anak enggan bercerita kepada kedua orang tuanya, terlebih seorang ayah yang mungkin dianggap super sibuk. Maka, bimbinglah anakmu dalam menghadapi permasalahan dan ajarkan cara bagaimana bijak dalam memilih dan menerima resiko yang akan dihadapi akan pilihan tersebut. Kelak ketika dewasa, anakmu akan memiliki jiwa kepemimpinan dan kebijaksanaan yang berguna dan telah kamu ajari sejak dini.

  1. Memberikan apresiasi atau pujian ketika anak berprestasi atau berhasil melakukan sesuatu

Ayah, jika dirimu telah berhasil memberikan motivasi kepada anak laki-lakimu untuk mengerjakan sesuatu, dan ternyata anakmu berhasil, maka jangan lupa kamu berikan apresiasi ya.. meskipun itu hanya sekedar pujian. Karena dengan apresiasi tersebut anak akan merasa bahagia. Bahagia karena berhasil mengerjakan sesuatu tersebut dan bahagia karena membuat ayahnya merasa bangga. Dan jika si anak gagal, ayah juga harus memberikan perhatian dalam bentuk dukungan dan semangat ya..

  1. Ambil cuti di hari kerja dan quality time bersama anak

Ayah, cobalah ambil jatah cutimu untuk menghabiskan waktu bersama anak. Tak perlu liburan ke luar kota atau luar negeri, cukup dengan bermain bersama anak. Ajak ke taman bermain atau lakukan bersama hobi yang anak sukai seperti bermain bola, bulu tangkis, dsb. Malas keluar rumah karna cuaca sedang tidak bersahabat? Tetaplah lakukan hal bersama di dalam rumah seperti mendekor ulang kamar anak atau mungkin memasak bersama, kenapa tidak hal tersebut dilakukan oleh seorang pria? tentu boleh.

  1. Menemani anak yang sedang sakit

Ketika anak sakit, temanilah dan berikan perhatian lebih kepada anak. Bukan bertujuan untuk dimanjakan, namun ayah lebih memberikan stimulus kekuatan dan membangkitakan keceriaan kembali kepada si anak. Jika sibuk dengan pekerjaan di kantor dan tidak bisa menemani, sempatkanlah waktu untuk menelpon untuk bertanyaa perkembangan kesehatannya dan ketika pulang dari kantor terlalu larut, berkunjunglah ke kamar anak dan berikan pelukan atau ciuman agar anak merasa nyaman.

  1. Memakai outfit dengan model atau warna yang sama (couple)

Nah, disadari atau tidak, hal ini juga sangat penting sekali, Sahabat Hawa. Agar ayah tak terkesan kaku dan memaksakan kehendak, cobalah memberikan perhatian dengan mengajak sang anak untuk memakai outfit yang sama. Hal sederhana ini akan membuat anak laki-lakimu merasa senang, bangga karena seperti ayahnya dan merasa diakui menjadi bagian dari dirimu. Pakailah outfit yang sama, misalnya saat shalat berjamaah ke masjid, menghadiri acara kantor atau sekedar kumpul dengan keluarga. Tak percaya? Cobalah.. anakmu pasti akan menunjukkan raut wajah yang bahagia. Dan biar tak dianggap norak, pilih outfit yang kece ya!

Semoga bermanfaat ya, dan selamat mencoba, Ayah! 🙂

 

Pras

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.