10 Hari Pertama Dzulhijjah nih… Raih Keutamaannya, Yuk!

Sahabat Hawa, saat ini kita berada di awal bulan Dzulhijjah yaaa.. gak terasa sebentar lagi Hari Raya Idul Adha in syaa Allah. Hari raya di mana seluruh umat muslim bersuka cita untuk berbagi. Karena merupakan bentuk penghambaan dan ketaqwaan diri kepada Allah serta menumbuhkan rasa sosial dan kasih sayang kepada sesama, khususnya bagi mereka yang membutuhkan. Maa syaa Allah…

Sebelum menyambut Idul Adha, di 10 hari bulan dzulhijjah ini ada keutamaan-keutamaan yang bisa kita raih, Sahabat Hawa. Hmm apa saja yaaa? Yuk lah baca artikel selengkapnya!

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun”

Apa saja keutamaan tersebut? Diantaranya;

  1. Perbanyak Mengingat Allah

Source: Google

Perbanyak tahmid, tahlil, dan takbir kepada Allah dengan bacaan yang dikeraskan di manapun tempatnya, di masjid, jalan atau di tempat-tempat baik lainnya. Untuk wanita, bacaan tidak perlu dikeraskan cukup dengan bersuara lirih.

Dan di masa sekarang ini, bacaan takbir di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah tidak banyak tau, bahkan ditinggalkan. Untuk itu, hendaklah kita setelah mengetahuinya mengamalkan dan mengajarkan di kehidupan kita. Bacaan takbir dilakukan sendirian dan tidak perlu berjamaah. “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilahaa Illallah, Wallahu Akbar Walillahil Hamd” atau kalimat takbiran yang lainnya.

Sesungguhnya menghidupkan Sunnah yang hampir saja dilupakan orang adalah amalan yang mendatangkan pahala yang besar.

“Barangsiapa yang menghidupkan sunnahku yang telah hilang sepeninggalku maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang-orang yang megikutinya tanpa dikurangi sedikitpun.” (Dikeluarkan oleh Imam At-Tirmidzi 7/443)

  1. Puasa

Source: Google

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam berpuasa pada 9 hari pertama bulan Dzulhijjah (Puasa Arafah). Untuk itu, disunnahkan kita sebagai umatnya mengikuti beliau.

…puasa hari ‘arafah, saya berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai kaffarah satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya..” (HR. Ahmad & Muslim).

  1. Berkurban

Source: Google

Amalan yang tak kalah utama di bulan Dzulhijjah ini adalah anjuran berkurban sebagai bentuk taqarrub kepada Allah dengan menyembelih hewan kurban yang baik dan yang gemuk dan menginfakkannya di jalan Allah.

  1. Ibadah ke Baitullah

Source: Google

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam dalam hadits berikut, “Haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuai surga”.

Maa syaa Allah, begitu besar balasan yang Allah berikan untuk hambaNya yang menunaikan amalan yang paling utama ini di bulan Dzulhijjah. Apabila hambaNya telah memenuhi syarat-syarat dan rukun-rukun haji sesuai syariat maka Allah akan membalasnya dengan balasan Surga. Untuk itu, hendaklah kita yang Allah berikan kekuatan dan kemampuan mental, fisik dan finansial untuk menjalankan amalan ini.

Itulah amalan-amalan yang bisa dikerjakan di bulan Dzulhijjah terutama di 10 hari pertama. Yuk, Sahabat Hawa kita raih keutamaan tersebut. Bila tidak bisa mengerjakan seluruhnya, hendaklah kita kerjakan bagian yang kita bisa.

 

Pras
Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.