Tips Memilih Warna Pakaian yang Sesuai dengan Warna Kulit

Membeli pakaian baru terkesan seperti sebuah hal yang mudah dilakukan, ya. Kita hanya perlu pergi ke toko baju atau membuka laman toko online, lalu memilih pakaian yang kita sukai, dan yang terakhir adalah melakukan pembayaran. Namun sebenarnya dari proses yang tampak mudah itu, terdapat satu hal yang, bisa dikatakan, rumit, yaitu proses pemilihan pakaian. Tentunya ada banyak pertimbangan, kan, ketika hendak memilih satu dari banyak jenis pakaian yang kita temui.

Biasanya apa yang kita jadikan bahan pertimbangan ketika memilih pakaian? Harga, tentunya, yang sesuai dengan budget yang kita miliki. Lalu model pakaian dan ukurannya, yang sesuai dengan usia, selera, serta pas atau tidaknya di tubuh kita. Ada satu hal lain lagi yang perlu dipertimbangkan, yaitu warna pakaian. Terkadang kita hanya melihat menarik tidaknya warna suatu pakaian yang ingin kita beli, namun tidak memerhatikan apakah warna tersebut akan cocok dengan warna kulit kita atau tidak.

Mengapa penting untuk melihat kecocokan warna pakaian dengan warna kulit kita? Baik kita sadari atau tidak, warna pakaian yang kita kenakan akan mempengaruhi kesan kulit kita. Apabila sesuai maka akan membuat kulit kita terkesan lebih cerah atau bersih. Namun jika warnanya tidak sesuai, bisa jadi malah membuat kulit kita tampak kusam.

Lalu bagaimana mengetahui apakah suatu warna cocok atau tidak dengan warna kulit kita? Hal ini sangat mudah dilakukan. Ketika kita membeli baju di toko, pasti ada kamar ganti kan, yang selalu disertai dengan cermin full-body di dalamnya. Nah, saat hendak mencobanya, ada baiknya untuk sekalian mengambil beberapa helai pakaian bermodel sejenis namun memiliki warna yang berbeda. Saat mencoba mengenakannya, coba perhatikan baik-baik, apakah warna pakaian tersebut menenggelamkan warna kulit kita atau tidak, membuatnya lebih kusam atau lebih cerah. Tidak jarang, ketika warna pakaian tersebut tidak cocok dengan kulit kita bahkan bisa menimbulkan kesan bentuk pipi dan badan yang lebih besar dari yang sebenarnya. Jika tidak ada cermin full-body, kamera pun bisa digunakan sebagai penggantinya.

Namun untuk saat ini, dengan semakin maraknya toko online dan berbagai penawarannya, sepertinya semakin banyak orang yang memilih untuk membeli baju secara online, iya bukan? Lalu bagaimana kita bisa mencocokkan warna pakaian dan kulit kita sementara kita sama sekali tidak bisa mencobanya sama sekali?

Jangan khawatir, hal ini tidak sulit untuk dilakukan, kok. Ada sebuah panduan sederhana yang bisa diikuti untuk membantu kita dalam memilih warna pakaian saat membelinya secara online. Bukan hal yang rumit, percaya lah.

Masyarakat Indonesia memiliki warna kulit yang berbeda-beda, mulai dari sawo matang, kuning langsat, gelap, dan juga putih. Dan masing-masing warna tersebut memiliki kecocokan yang berbeda dengan warna-warna lain. Bagi yang memiliki warna kulit sawo matang, pakaian berwarna cerah dan terang seperti jingga, kuning, merah muda, emas dan sejenisnya bisa menjadi pilihan yang baik. Dan disarankan untuk menghindari penggunaan warna merah bata, cokelat gelap, biru tua, hijau lumut dan sejenisnya. Apabila ingin mengenakan pakaian berwarna gelap, lebih baik dipadukan dengan warna cerah yang telah disebutkan.

Sementara itu bagi yang memiliki kulit berwarna kuning langsat, disarankan untuk memilih pakaian dengan warna hijau, merah, dan biru, warna kasual seperti jingga dan kuning pun bisa menjadi pilihan. Namun ada baiknya untuk menghindari warna yang mirip dengan warna kulit tersebut seperti caramel, cokelat, dan oranye.

Di sisi lain, pemilik kulit berwarna putih bisa dibilang memiliki  pilihan warna pakaian yang cukup luas karena warna putih sendiri cocok dengan hampir seluruh warna lain. Pakaian dengan warna terang dan pastel akan sangat cocok dikenakan, selain itu pakaian berwarna gelap, hitam, juga bisa menimbulkan kesan elegan. Meskipun demikian, ada baiknya untuk tidak mengenakan pakaian berwarna nude supaya kulit tidak terlihat pucat.

Pemilik kulit berwarna gelap terkadang merasa tidak nyaman bereksperimen dalam memilih warna pakaian. Namun sebenarnya, terdapat banyak pilihan warna yang bisa dikenakan, terutama warna-warna cerah seperti merah muda, biru muda, abu-abu, kuning, oranye, putih, merah bata. Warna-warna tersebut akan membuat kulit terkesan lebih cerah dan bersih. Tidak ada salahnya untuk mengenakan pakaian gelap, asalkan dipadukan dengan warna-warna tersebut. Hal ini supaya kulit tidak terlihat kusam.

Bagaimana, tidak sulit kan untuk memilih warna pakaian yang sesuai dengan warna kulit kita. Bila berbelanja pakaian di toko dan tidak hafal panduannya, maka kita bisa menggunakan cara pertama, mencoba beberapa pakaian dengan warna yang berbeda-beda untuk melihat kecocokannya. Dan jika berbelanja secara online dan tidak bisa mencoba pakaiannya, maka panduan singkat di metode kedua bisa diaplikasikan. Selamat mencoba!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *