Pilah Pilih Dalaman Kerudung

Saat mengenakan kerudung, tentu saja kita tidak bisa meninggalkan hal yang satu ini, dalaman kerudung, yang terkadang disebut juga dengan ciput atau inner hijab. Bisa dikatakan bahwa benda ini wajib dikenakan sebelum memakai kerudung, bahkan jika tidak mengenakannya, terasa sulit untuk memasang kerudung di kepala kita.

Memang hal tersebut adalah salah satu fungsi utama dari dalaman kerudung. Kita terkadang merasa kesulitan untuk memasangkan kerudung secara langsung karena sifat rambut kita yang licin, sehingga letak kerudung mudah tergeser dan berubah. Selain itu dalaman kerudung juga berguna untuk menjaga kerapian rambut kita. Ketika melakukan aktivitas sehari-hari, tidak jarang posisi kerudung kita berubah dan menyebabkan rambut keluar dari sisi samping kerudung di wajah kita.

Karena selalu digunakan setiap hari, tentunya kita tidak boleh asal memilih ketika membeli dalaman kerudung. Memang harganya tidak terlalu mahal, namun ada baiknya untuk memerhatikan kualitasnya. Alih-alih membuat kita nyaman dalam berkerudung, bisa jadi rambut kita yang rusak karenanya. Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika memilih dalaman kerudung adalah bahannya.

Karena dikenakan secara langsung di kepala dan selalu tertutup oleh kerudung di atasnya, pilihlah bahan yang bisa menyerap keringat, elastis, dan juga adem saat dipakai. Beberapa jenis bahan kain yang biasa dipilih untuk membuat dalaman kerudung adalah kaos rayon, spandek, jersey, dan juga brokat. Dari keempat bahan tersebut, dalaman kerudung berbahan kaos rayon merupakan pilihan yang tidak buruk. Kaos rayon merupakan bahan yang cukup adem di kepala dan lentur. Selain itu harganya juga cukup murah, jadi kita bisa membeli beberapa biji sekaligus untuk digunakan secara bergantian. Meskipun bahan tersebut sudah cukup bagus, bila menginginkan yang lebih nyaman, dalaman kerudung berbahan kain spandek bisa menjadi pilihan selanjutnya. Sedikit lebih mahal memang, namun jika mempertimbangkan kenyamanan, tentu bukan masalah. Asalkan tidak memakainya secara berlebihan, dalaman kerudung dengan bahan-bahan tersebut tidak akan mudah molor.

Setelah bahan, kita juga perlu memertimbangkan bentuk dari dalaman kerudung tersebut. Apakah cocok dan sesuai dengan bentuk wajah kita atau. Secara umum, ada beberapa bentuk dalaman kerudung, diantaranya adalah pet, bandana, ninja dan juga bergo.

Dalaman kerudung pet merupakan salah satu jenis yang sangat mudah dikenali karena adanya kelepak yang kaku dibagian atas dahi. Bagian ini lah yang membentuk bingkai wajah dan membantu memiliki bentuk yang mantap dan tidak berubah atau meleot-leot. Terdapat dua jenis dalaman bentuk pet, yang besar, lengkungannya menutup higga bagian telinga, dan yang kecil, yang kain biasanya disematkan di atas telinga. Dalaman kerudung pet yang kecil akan lebih sesuai digunakan bagi yang memiliki wajah lonjong atau agak panjang. Sementara itu, bagi yang memiliki wajah dengan bentuk bulat atau persegi, akan lebih cocok untuk mengenakan dalaman kerudung pet yang besar.

Dalaman kerudung bandana bentuknya persis sekali dengan bandana biasa namun menutupi semua bagian kepala hingga belakang. Biasanya terbuat dari bahan yang lentur, terkadang memiki tambahan hiasan berupa payet dan renda, namun banyak juga yang polos. Dalaman kerudung jenis ini sangat cocok untuk dikenakan bagi kita yang memiliki wajah panjang atau dahi yang lebar. Hal yang perlu diingat adalah, ketika membeli dalaman kerudung bandana, pastikan untuk memilih yang tidak terlalu kencang supaya rambut tetap memiliki ruang untuk bernafas. Selain itu jangan menggunakannya secara berlebihan supaya tidak cepat molor dan rusak.

Selanjutnya adalah dalaman kerudung jenis ninja. Ini adalah salah satu jenis yang menjadi hit beberapa tahun terakhir ini. Biasanya terbuat dari kaos rayon atau spandek, bentuknya menyerupai kerudung, menutupi kepala, leher hingga bahu. Biasanya digunakan ketika kerudung yang dikenakan memiliki bahan yang tipis. Bentuk bagian atasnya hampir mirip dengan bandana, sehingga cocok pula dikenakan oleh kita yang memiliki wajah berbentuk lonjong.

Yang terakhir adalah dalaman kerudung bergo. Sebenarnya jenis ini sangat mirip dengan kerudung bergo, namun pendek. Hingga tidak jarang dalaman jenis ini dikira dan digunakan sebagaimana kerudung. Padahal panjangnya hanya sampai menutup bagian leher saja! Bagian atasnya mirip dengan dalaman kerudung pet, bisa menjadi pilihan bagi yang memiliki wajah bulat, kotak, dan lonjong. Biasanya dalaman jenis ini digunakan bersamaan dengan kerudung yang berbentuk persegi panjang. Jangan keliru menganggap dalaman kerudung bergo ini sebagai kerudung dan menggunakannya saat bepergian, ya!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *