Di Balik Hari Jum’at

Siapa yang tidak menyukai hari Jum’at? Saya yakin sebagian besar dari kita selalu senang ketika hari Jum’at datang. Jam sekolah, kuliah, dan kerja yang lebih pendek dibandingkan hari normal, pulang lebih cepat, setelahnya dikuti dengan weekend, siapa yang tidak akan senang? Ternyata hari Jum’at tidak semata memberikan kesenangan yang duniawi saja, hari tersebut juga merupakan hari yang spesial dipadangan Islam. Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jum’at. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at” (HR. Muslim)

Selain itu dalam hadist lain juga disebutkan:

“Sesungguhnya hari Jum’at itu adalah pemimpin seluruh hari dan hari paling mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala” (HR. Ibnu Majah, dinyatakan sahih oleh al-Albani)

Berikut adalah tiga hal spesial di balik hari Jum’at:

  1. Seperti yang mungkin sudah banyak diketahui bahwa Allah memberikan kita waktu-waktu utama untuk berdoa. Tahukah kita bahwa hari Jum’at merupakan salah satu dari waktu-waktu tersebut? Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra menyebutkan

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jum’at, kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang diminta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebenarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852)

Para ulama memiliki penafsiran yang berbeda mengenai waktu yang disebutkan tersebut, namun secara umum ada empat:

  1. Selang waktu saat imam naik mimbar hingga shalat Jum’at selesai
  2. Setelah ashar hingga terbenamnya matahari
  3. Di akhir waktu Ashar namun menjelang selesainya hari Jum’at
  4. Gabungan dari para pendapat yang ada, disebutkan oleh Ibnu ‘Abdil Barr “Dianjurkan untuk bersungguh-sungguh dalam berdoa pada dua waktu yang disebutkan”.
  5. Hari Jum’at ternyata merupakan waktu hari bagi berkumpulnya umat muslim. Tidak hanya sekedar berkumpul saja, namun melakukan sholat berjamaah yang sebelumnya didahului dengan mendengarkan dua khutbah Jum’at yang pastinya mengandung ilmu dan nasihat yang bermanfaat bagi kehidupan para muslim. Hari ini juga disebut sebagai hari yang membedakan orang muslim dengan umat agama lain. Dalam sebuah hadist disebutkan.

Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari jum’at, Yahudi pada hari sabtu, dan Nasrani pada hari ahad, kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari jum’at, mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain.” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)

  1. Terdapat satu ibadah yang hanya dilakukan pada hari Jum’at. Ya, sholat Jum’at, yang selalu dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid, yang sebelumnya diawali dengan adanya dua khutbah Jum’at. Selain untuk menjadi sarana bersilaturahim dengan sesama muslim, dan menimba ilmu, ternyata Allah memberikan beberapa hal yang lebih bagi para muslim yang mendirikan sholat Jum’at. Disebutkan dalam sebuah hadist bahwa mendirikan sholat Jum’at bisa menghapus dosa yang terjadi di antara satu Jum’at dan Jum’at yang akan datang,

Di antara shalat lima waktu, di antara Jum’at yang satu dan Jum’at yang berikutnya, itu dapat menghapuskan dosa di antara keduanya selama tidak dilakukan dosa besar.

(HR. Muslim no. 233)

Tidak hanya itu saja, bahkan dalam hadist lain disebutkan bahwa setiap langkah yang dilakukan pada perjalanan menuju sholat Jum’at mendapat ganjaran setara dengan puasa dan shalat selama satu tahun,

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun.”

(HR. Tirmidzi no. 496)

Itulah tiga dari banyak hal spesial di balik hari Jum’at bagi umat muslim. Dan sudah menjadi hal yang seharusnya bagi kita untuk bersyukur telah diberi hari yang istimewa dan penuh berkah ini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *