Cara Mudah Merawat Pakaian Supaya Tahan Lama

Memilih dan membeli pakaian merupakan hal yang mudah dibandingkan dengan cara merawatnya. Kita mungkin bisa membeli beberapa helai pakaian dalam setahun. Namun, bisakah kita pastikan bahwa pakaian tersebut akan tetap bertahan dalam kondisi yang sama setahun kemudian? Jangankan setahun, tidak jarang pakaian yang baru berusia beberapa bulan pun sudah pudar, melar, dan kusut. Untuk mencegah masalahl tersebut, kita perlu untuk lebih memperhatikan detail perawatan pakaian. Tidak hanya cara menyimpannya saja, namun juga termasuk cara mencuci dan menjemurnya. Berikut akan dijabarkan lebih lanjut mengenai cara perawatan pakaian:

  1. Saat mencuci pakaian, sangat dianjurkan untuk memisahkan pakaian berwarna serta yang mudah luntur dengan pakaian polos atau yang berwarna putih. Pertama cucilah pakaian berwarna putih, atau polos terlebih dahulu. Setelahnya baru dilanjutkan dengan pakaian yang berwarna, dan yang terakhir adalah pakaian yang mudah luntur. Hal ini dilakukan untuk mecegah adanya kontaminasi lunturan pewarna pada pakaian polos. Selain itu kita juga perlu memisahkan pakaian yang mudah melar dari pakaian yang lain.
  2. Perhatikan teknik mencuci yang biasa terdapat di bagian label pakaian. Terdapat pakaian yang lebih baik dicuci dengan air dingin, beberapa akan lebih bersih jika dicuci dengan air hangat, dan terdapat pula beberapa jenis kain yang tidak boleh untuk dicuci dengan mesin cuci untuk menghindari kerusakan.
  3. Jangan lupa untuk menutup resleting pakaian sebelum dicuci, pastikan juga tidak ada uang koin yang tertinggal di saku celana atau baju. Kedua benda tersebut bisa menimbulkan kerusakan pada pakaian lain.
  4. Ada baiknya untuk tidak terlalu sering menggunakan pemutih pakaian. Memang larutan ini bisa membersihka kebanyakan noda pada pakaian. Namun sayangnya, pemutih pakaian membuat kain menjadi rapuh sehingga akan lebih rentan untuk robek dan rusak setelah beberapa kali pencucian dan penggunaan. Sebagai penggantinya, kita bisa merendam pakaian bernoda berat tersebut pada air panas yang telah dicampur dengan baking soda.
  5. Saat menjemur pakaian, sangat disarankan untuk membalik pakaian, bagian dalam pakaian yang ada di luar. Hal ini dilakukan untuk mengurangi paparan sinar matahari pada bagian luar pakaian yang bisa menyebabkan pudarnya warna.
  6. Tidak semua pakaian bisa digantung dengan hanger, terutama pakaian yang berbahan kaus. Sangat disarankan untuk mengerigkannya terlebih dahulu sebelum dijemur sehingga pakaian tidak terlalu berat dan tidak akan melar. Namun, untuk pakaian bahan lain, akan lebih baik jika dijemur dengan menggunakan hanger untuk mempertahankan bentuknya.
  7. Sama dengan ketika menjemur, ada baiknya juga pakaian disimpan dengan cara digantung menggunakan hanger. Metode ini dimaksudkan untuk mencegah pakaian menjadi kusut. Sementara itu, untuk pakaian yang mudah melar, akan lebih baik apabila dilipat saja. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk meletakkan kamper di dalam lemari supaya pakaian aman dari hewan-hewan kecil seperti kutu dan kecoa. Dan untuk pakaian yang tidak sering digunakan, ada baiknya untuk disimpan di dalam kantong plastik.
  8. Jangan terlalu sering mengenakan pakaian tertentu. Pastikan selalu berganti-ganti pakaian. Mengapa? Karena, pakaian yang terlalu sering digunakan akan lebih mudah rusak dan pudar warnanya. Dan kenakan pakaian sesuai fungsinya juga, jangan kenakan seragam sekolah atau pakaian untuk bepergian ketika tidur. Bahan pakaian telah diatur sesuai kebutuhannya, apabila dikenakan untuk hal yang tidak sesuai, maka pakaian akan lebih rentan untuk berubah tekstur, seperti menjadi kasar, dan bahkan lebih mudah rusak.
Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *